Pages

Jumat, 01 Juli 2011

Crytek Telah Merusak Crysis 2 Versi PC ?

OK, sebelumnya penulis belum sama sekali menyentuh crysis 2 PC ataupun versi lainnya. Tapi setelah mendapat kabar bahwa crysis 2 PC final retail akan sama seperti edisi beta yang bocoran kemarin, yakni hanya muncul dalam bentuk DX9C alias masih SM 3.0, tak seperti Crysis 1+warhead yang sudah mendukung penuh SM 4.0 alias DX10, maka penulis pun merasa sedikit kecewa.
Secara kebetulan, ada penulis asing yang satu pendapat dengan penulis, dan yang bersangkutan menulis artikel menarik mengenai nasib Crysis 2 di PC. Tapi, harap diingat ybs itu menulis mengenai segi gfx atau teknikal gfx crysis 2, bukan menulis mengenai gameplay ataupun segi ceritanya. Oleh sebab itulah, penulis pun menerjemahkannya ke forum GX ini, dan artikel ini pun dimulai.
Sudah beberapa hari EA dan Crytek merilis Crysis 2, dan kaum pc gamer di seluruh dunia pun telah menunggu hal tersebut sejak lama tapi ada sesuatu yang tidak benar. Lupakan saja versi crysis 2 beta atauun demo MP OL yang berfitur konsolisme tsb, tetapi berkonsentrasilah pada CRysis 2 versi final retail, sebab Crytek telah "merusak" Crysis 2 versi PC.
Pertama, Crysis 2 belum mendukung DX11, walalupun CRytek menyatakan jika mereka akan merilis Dx11 melalui tambalan terbaru, tetapi jelas bukan hal ini yang diinginkan oleh semua pc gamer. Karena, para pc gamer tak ingin sekedar munculnya efek-efek Dx11 belaka. Sejak awal, Crytek tak mengembangkan Crysis 2 dengan Dx11 sebagai gfx utamanya, oleh sebab itu jangan mengharapkan tessellation ala heaven benchmark. Kami pun yakin, ketika patch Dx11 telah mereka rilis, maka Crytek pun akan mengeluh betapa menyedihkannya para PC gamer telah membajak game mereka, padahal mereka sudah memenuhi permintaan mereka. Tentu saja hal itu tidak benar.
Pada masa lalu, Crytek menyatakan, pengembangan Crysis 2 versi PC takkan sama dengan versi lainnya (xbox 360 dan PS3). Lalu mengapa mereka merilisnya tanpa Dx11?? Mengapa takada game exe 64bit?? Mengapa tetap ada opsi ‘press start button’ (tapi CRytek telah memperbaiki hal tsb dgn mengupdatenya langsung setelah game tsb resmi dirilis)? Mengapa tetap ada masalah tentang sound systems 5.1/7.1 dan memaksa para pc gamer harus memilih 2.1 dalam control panel kartu suaranya? OMG, mengapa takada opsi gfx advanced setting sebagaimana biasanya di game-game PC lainnya??
Berbagai masalah diatas seharusnya sudah diperbaiki, jika ada testing beta yang sebenarnya untuk versi PC. Seharusnya CRytek tersayang, mengetahui semua tujuan utama tersebut. BUkan dengan, memperbesar-besarkan promosi gamenya untuk menarik perhatian kalangan gamer sebagaimana testing khusus yang mereka lakukan untuk xbox 360. Fakta akan adanya masalah ‘press start button’ yang dulunya belum diperbaiki dan masih muncul di versi final retail, yang kemudian harus ditambal, menandakan bahwa Crysis 2 PC sudah masuk tahap final ketika demo MP-nya dirilis. Sederhana sekali bukan? Itulah mengapa Nathan Camarillo berkata, mengenai advanced setting, bahwa mereka (Crytek) akan melihatnya apa akan ada kemungkinan untuk itu. Karena game tersebut sudah masuk tahap final, atau dengan kata lainnya, itu hanyalah sebuah pernyataan untuk membantah berbagai masalah yang telah terjadi.
Kedua, CRytek juga makin menambah penghinaan bagi kalangan pc gamer, dengan tak mengikutsertakan tool modding ataupun editor apapun untuk Crysis 2 PC. Artinya, Crytek telah meninggalkan komunitas para modder yang besar tersebut. Namun, mereka menyatakan, akan merilis CRy Engine 3 SDK pada musim panas ini, dan uniknya, Crytek sama sekali belum menyebutkan apapun tentang versi mods dari editor CRysis 2. Dengan kata lainnya, CE 3 SDK tampaknya hanya cocok tuk tim-tim indie, belum cocok untuk para modder Crysis 2. Andai ada versi mods, maka mods pertama akan muncul paling cepat, sekitar Oktober besok. Disaat yang sama itu, pc gamer akan menikmati Deus Ex: Human Revolution, Batman: Arkham City dan Battlefield 3 serta The Elder Scrolls V: Skyrim (yang akan lebih ramah terhadap komunitas mods).
Pada saat ini beberapa modder Crysis 1 telah menawarkan beberapa mods yang luar biasa. Misalnya, Xzero menawarkan beberapa mods yang hebat, diantaranya POM dengan AF mods. Meskipun CRytek mengatakan bahwa ada batasan gfx engine (inkompatibilitas POM dengan AF), maka Xzero sedang berusaha mencari jalan keluarnya. Sehingga untuk sementara ini, POM belum bisa berjalan di Crysis 2, karena Crysis 2 tak mendukung POM. Lalu, ada Yodastar dan Xigmatek serta Cyberalien Extreme Quality mods, serta high resolution textures ala Silent. Belum jelas nasib mods mereka di Crysis 2 ini.
Pada akhirnya, Crysis 2 PC hanyalah portingan ala konsol, tak lebih dan tak kurang. Ada hal menarik pula, melihat para staff Crytek mempertanyakan mengapa PC gamer membutuhkan opsi gfx advanced setting, jika mereka bisa mengedit CVar files sesuka hati mereka. Kenapa mereka tak memudahkan hal tersebut, dengan menambahkan opsi gfx advanced setting di menu utama untuk mencari tahu, seberapa jauh dampak langsungnya pada framerate in real gameplay??
JIka penjualan Crysis 2 PC tak sesuai ekspektasi, maka kami yakin jika crytek akan mengkambinghitamkan pembajakan crysis 2 di PC. Daripada terus menyalahkan pembajakan, sebaiknya CRytek menyalahkan diri sendiri mengapa mereka meninggalkan penggemarnya di versi PC dan mereka hanya menawarkan game konsolisme yang sederhana, yang minim fitur yang sebagaimana mampu membesarkan Crysis 1 dkk hingga sebesar sekarang ini. Maximum disappointment!
Well, selesai sudah artikel ini. Apapun hal yang mengecewakan diatas, bagi penulis tetap akan memainkan game tersebut, jika sudah memegang Crysis 2 PC ini. Demi melihat secara langsung, gameplay dan ceritanya seperti apa, soal kualitas gfx ya memang sedikit mengecewakan tapi jika ada opsi benchmarknya, kenapa tidak dipergunakan lebih lanjut. Ya lumayan lah sebagai hiburan tambahan jika ada opsi benchmarknya tuk terus dicoba, sambil menunggu tambalan update ala DX11. Penulis sih bisa memaklumi jika segi gfx Crysis 2 menjadi seperti sekarang ini, wajarlah untuk game yang dirilis tuk semua platform alias game konsolisme ini. Mengenai, apakah kualitas gfx Crysis 2 benar-benar mampu melebihi Crysis 1 dan Warhead?? Bagi para pc gamer ya silakan melihat sendirilah, hasilnya seperti apa.
Tetapi, tampaknya ada suatu kecenderungan akan trend baru di PC gaming pada 2011 ini. Awal 2011, rpg Two Worlds II butuh patch tuk bisa menyalakan Dx10 dengan baik dan benar, lalu disusul Dragon Age II yang butuh high texture patch untuk bisa memaksimalkan Dx11, Shogun II Total War juga butuh patch Dx10 dan Dx11 untuk bisa menyalakan efek-efek spesial khas Dx10/Dx11. Crysis 2 ternyata juga spt itu. Hmm, besok-besok game pc apalagi ya membutuhkan patch gfx tuk menyalakan Dx10/Dx11??

0 komentar:

Posting Komentar